Minggu, 29 Mei 2016

Tugas 3: Softskill Pengetahuan Lingkungan

1. Beberapa cara untuk mengurangi pemanasan global yaitu dengan mengurangi penggunaan kertas, manfaatkan kertas bekas atau kertas daur ulang apabila tidak benar-benar membutuhkannya. Lebih sering menggunakan kembali (reuse) dan mendaur ulang (recycle), usahakan membawa tas belanja dari kain saat berbelanja dan jangan menggunakan kantong berbahan plastik atau kertas, intinya kurangi menggunakan plastik. Lebih banyak menanam pohon-pohonan misalnya di sekitar pekarangan rumah sehingga dapat menyerap karbon dioksida. Menghemat penggunaan listrik dengan mematikan peralatan elektronik yang tidak terpakai. Menggunakan sumber daya yang lebih ramah lingkungan. Mengurangi penggunaan mobil pribadi dan lebih memilih menggunakan transportasi umum sehingga dapat mengurangi emisi karbon dioksida. Mengurangi pemakaian AC dan tentunya tidak lupa untuk memberitahukan hal ini kepada orang-orang terdekat dalam upaya mengurangi efek global warming.

2. Peranan pemerintah dalam proses pelestarian lingkungan hidup yaitu dengan pengelolaan lingkungan hidup serta perlindungan sumber daya alam termasuk perlindungan flora, fauna dan ekosistemnya. Usaha peningkatan jumlah populasi flora dan fauna agar tidak mengalami kepunahan. Adanya hukum mengenai kelestarian hutan seperti menindak tegas orang-orang yang telah melakukan pencurian sumber daya hutan serta para pelaku pencemar lingkungan. Melakukan analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL). Melakukan gerakan penghijauan. Menempatkan daerah industri atau kawasan pabrik jauh dari daerah perumahan atau pemukiman penduduk dan pengaturan pembuangan limbah agar tidak mencemari lingkungan. Menanggulangi kasus-kasus pencemaran baik pencemaran air, udara, ataupun tanah. Serta memberikan kesadaran terhadap masyarakat tentang arti lingkungan hidup sehingga masyarakat lebih peduli dan mencintai lingkungan hidupnya.

3. Hal-hal yang menyebabkan seseorang terkadang membuang sampah sembarangan yaitu karena kurangnya kepedulian dan kesadaran manusia itu sendiri akan kebersihan lingkungan. Ketidaktahuan mengenai dampak negatif yang ditimbulkan akibat membuang sampah sembarangan. Selalu menganggap bahwa sampah yang dibuang tersebut ada yang membersihkan. Adanya pola pikir orang tersebut bahwa membuang sampah itu adalah hal biasa. Terlalu menyepelekan dan beranggapan bahwa sampah yang dibuang hanya sedikit dan tidak akan menimbulkan dampak yang begitu besar. Serta malas dan kurang terbiasa untuk membuang sampah pada tempatnya.

4. Beberapa hal yang seharusnya pemerintah lakukan ketika hutan terancam gundul yaitu melakukan reboisasi atau penanaman kembali. Memberikan pelindungan, pengawasan dan pengamanan hutan dari tindakan yang merusak hutan dengan penambahan polisi kehutanan. Penggalakkan hukum untuk mengurangi tingkat penggundulan hutan, serta bagi para pelaku perusak hutan diberikan sangsi yang tegas dan dihukum seberat-beratnya.


Nama   : Novi Amanda I.
Kelas   : 3ID01
NPM   : 36413516

Tidak ada komentar:

Posting Komentar